MAKALAH PERMASALAHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
DALAM PERUSAHAAN RESTORAN KFC
Nama : Lisa Tri Lestari
Kelas : MJ-42
NPM : 1620200052
Dosen Pembimbing : Charisma Ayu Pramuditha,M.HRM
Mata Kuliah : Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
1.2. Sejarah
Perusahaan
BAB
II STRUKTUR ORGANISASI
2.1. VISI,
MISI, STRATEGI
2.2. Aktivitas-Aktifitas Bisnis
BAB III ANALISIS MANAJEMEN
SUMBER DAYA MANUSIA
3.1. Analisis
Pekerjaan
3.2. Perencanaan
SDM
3.3. Rekruitmen
Dan Seleksi
3.4.
Pelatihan dan Pengembangan SDM
3.5.
Kompensasi
BAB IV ANALISIS KASUS
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
BAB V PENUTUP
5.1. Kesimpulan
DAFTAR
PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Dalam era globalisasi dewasa ini, para manajer atau pimpinan
seharusnya lebih memperhatikan sumber daya manusia dalam perusahaaan mereka
karena sumber daya manusia bukan hanya digunakan sebagai alat untuk mencapai
tujuan perusahaan tetapi sumber daya manusia juga merupakan bagian terpenting
yang harus diperhatikan dan dikembangkan dalam menjalankan sebuah perusahaan.
Sebab jika sumber daya manusia tidak diperhatikan maka perusahaan tidak dapat
berjalan dengan baik, bahkan akan suit mencapai tujuan yang diinginkan.
Salah satu nya adalah manajemen sumber daya manusia yang terjadi
di perusahaan waralaba seperti KFC yang bergerak dalam bidang makanan,
perusahaan ini merupakan perusahaan besar yang telah memiliki outlet dihampir
seluruh dunia. Dengan kesuksesan KFC ini tentu menarik untuk menganalisis dan
mengetahui bagaimana sumber daya manusia di perusahaan sebesar KFC ini.
1.2. Sejarah
Perusahaan
KFC adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands,
Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh
Col. Harland Sanders pada tahun 1952, KFC dikenal terutama karena ayam
gorengnya, yang biasa disajikan dalam bucket.
KFC merupakan singkatan dari Kentucky Fried Chicken salah satu
restoran cepat saji yang didirikan pertama kali di Kentucky, Amerika Serikat.
PT. Fastfood Indonesia Terbuka adalah pemilik tunggal
waralaba KFC Indonesia, didirikan oleh Galael Group pada tahun 1978 sebagai
pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali
operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di jalan Melawai, Jakarta, dan telah memeroleh sukses. Kesuksesan
outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di
Jakarta dan perluasan area cakupan hingga ke kota-kota besar lain di Indonesia,
antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado.
Keberhasilan yang terus diraih dalam perkembangan merek menjadikan KFC sebagai
bisnis waralaba cepat saji yang dikenal luas dan dominan di Indonesia.
Memasuki
28 tahun keberhasilan Perseroan dalam membangun pertumbuhannya, posisi KFC
sebagai pemimpin pasar restoran cepat saji tidak diragukan lagi. Untuk
mempertahankan kepemimpinan, Perseroan terus memperluas area cakupan
restorannya dan hadir di berbagai kota kabupaten tanpa mengabaikan persaingan
ketat di kota-kota metropolitan. Perseroan baru saja meresmikan pembukaan
outlet KFC yang ke 300 di Cireundeu pada bulan Oktober 2007, bertepatan pada
bulan yang sama ulang tahun KFC Indonesia yang ke 28. Perseroan mengakhiri tahun 2007 dengan total 307 outlet termasuk
mobile catering, yang tersebar di 78 kota di seluruh Indonesia, mempekerjakan
total 11.835 karyawan dengan hasil penjualan tahunan di atas Rp. 1.590 triliun.
Produk
unggulan Perseroan, Colonel’s Original Recipe dan Hot & Crispy, tetap
merupakan ayam goreng paling lezat berdasarkan berbagai survei konsumen di
Indonesia. Sebagai produk unggulan lainnya, dalam beberapa tahun ini Perseroan
juga menawarkan Colonel Burger, Crispy Strips, Twister, dan yang baru-baru ini
diluncurkan, Colonel Yakiniku. Selain produk-produk unggulan ini, KFC juga
memenuhi selera lokal dengan menu pilihan lain seperti perkedel, nasi, salad, dan sup
KFC. Untuk memberikan produk bernilai tambah kepada konsumen, berbagai menu
kombinasi hemat dan bermutu seperti Super Panas dan KFC Attack terus
ditawarkan. Perseroan juga meluncurkan ‘Goceng’, yakni beberapa varian
menu seharga Rp. 5.000, untuk semakin menghadirkan penawaran bernilai tambah kepada konsumen dan memberikan sesuatu yang berbeda dari merek KFC.
menu seharga Rp. 5.000, untuk semakin menghadirkan penawaran bernilai tambah kepada konsumen dan memberikan sesuatu yang berbeda dari merek KFC.
BAB II
STRUKTUR ORGANISASI
2.1. VISI, MISI,
STRATEGI
A.
VISI
Selalu menjadi merek restoran cepat saji Nomor 1
di Indonesia dan mempertahankan kepemimpinan pasar dengan menjadi restoran yang
termodern dan terfavorit dalam segi produk, harga, pelayanan, dan fasilitas.
B.
MISI
Semakin memperkuat citra merek KFC dengan
strategi-strategi dan ide-ide yang inovatif, terus meningkatkan suasana
bersantap yang tiada bandingannya dan konsisten memberikan produk, layanan,
serta fasilitas restoran yang selalu berkualitas mengikuti kebutuhan dan selera
konsumen yang terus berubah.
C. STRATEGI
Untuk menjaga kepemimpinan pasar dalam industri
restoran cepat saji di Indonesia, selalu memberikan kepuasan “Yum!” yang tak
terhingga di wajah setiap pelanggan dengan strategi-strategi sebagai berikut.
- Mengembangkan dan menanamkan budaya yang mendalam dan
kuat didalam organisasi dimana setiap karyawan memberikan perbedaan dengan
berinovasi dan selalu berpikir diluar kebiasaan.
- Membangun pola pikir yang berorientasi pada “Costumer
and Sales Mania” dengan kesadaran tinggi untuk memberikan kepuasan kepada
pelanggan melebihi dari yang diharapkan. Memberikan perbedaan merek KFC yang sangat kompetitif
dengan berbagai ide dan strategi yang inovatif.
- Mengembangkan kesinambungan dalam sumber daya manusia
dan proses dengan berfokus sepenuhnya pada pengembangan kompetensi dan
kemampuan. Mempertahankan konsistensi dalam pencapaian prestasi
terbaik.
2.2 Aktivitas-Aktifitas Bisnis
1. Sebagai restoran penyedia
masakan cepat saji (fast food)
Di dalam KFC, terdapat beberapa menu yang disajikan dalam bentuk siap saji
kepada konsumen untuk memenuhi keinginan ataupun kebutuhan konsumen. Adapun
makanan atau masakan yang dimaksudkan diantaranya:
1) Fried Chicken (Ayam
Goreng),
2) Stick Kentang,
3) Burger,dll
2. Sebagai penyalur
jasa paket makanan ala KFC
Sistem dalam KFC Airlangga tidak hanya sebatas makan padastore KFC
saja, melainkan KFC juga memiliki kegiatan jasa, diantaranya:
1) Home Delivery
Ini
merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada konsumen. Konsumen dapat memesan
menu yang diinginkan hanya dengan menghubungi pada nomor (14022) dan pesanan
yang diinginkan pun siap untuk diantarkan ke alamat yang dituju. Para konsumen
atau pelanggan dapat memesan 24 jam selama 7 hari dalam seminggu. Namun, ada
beberapa ketentuan yang harus ditaati oleh konsumen. Diantaranya:
a) Batas wilayah antara rumah
pemesan dengan Outlet KFC terdekat maksimum berjarak 5 Km.
b) Waktu antar pesanan kurang
lebih 30 menit (low hour).
c) Tanpa minimum order.
d) Dikenakan Delivery Cost (biaya pengiriman) sebesar Rp.
10.000,00 untuk sekali antar.
2) Layanan Catering
Ketika
ada konsumen yang memiliki acara besar seperti hajatan, rapat kantor, pernikahan dan lainnya, para konsumen bisa menggunakan
jasa catering yang praktis.
Konsumen cukup memesan melalui call
centre 14022. Keunggulan yang ditawarkan apabila konsumen menggunakan jasa KFC,
diantaranya:
a) Indoor/Outdoor Service.
b) Mampu melayani hingga
200.000 box/hari.
c) Armada yang cukup.
d) Mobil unit dapur bisa langsung
masak di tempat.
3. Layanan Acara Ulang tahun
KFC Airlangga sendiri menyediakan jasa menyiapkan acara pesta ulang tahun
kepada anak-anak. Para pemesan bisa langsung menghubungi call centre 14022.
Fasilitas yang disediakan antara lain:
a) Ruangan dengan segala dekorasi dan
atribut lengkap bernuansa pesta ulang tahun (Dapat dilakukan di Indoor maupun
Outdoor).
b) Hidangan yang tentunya telah
disediakan. KFC menawarkan harga terjangkau. Pemesan medapat harga Rp.
25.500,00 untuk 20 orang.
c) MC sebagai pengatur dan penyelenggara
acara.
d) Hadiah dan doorprice menarik pada sesi
acara.
BAB III
ANALISIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
3.1. Analisis Pekerjaan
Analisis Pekerjaan adalah proses pengumpulan informasi
mengenai suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pekerja,
yang dilaksanakan dengan mengamati cara atau mengadakan interview terhadap
pekerja, dengan bukti-bukti yang benar dari supervisor.
Analisis pekerjaan yang dilakukan KFC :
·
Restaurant Manager
è Bertanggung
jawab atas Restaurant dan semua yang bertugas di restaurant tersebut dan
menginput data penjualan untuk dikirimkan kepusat.
·
Assistant Manager (1)
è Bertanggung
jawab atas cashier dan petugas cashier yang bekerja pada restaurant tersebut.
·
Assistant Manager (2)
è Bertanggung
jawab atas petugas shift control atau gudang untung mengecek keluar masuknya
bahan bahan makanan.
3.2. Perencanaan SDM
Perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis dan
identifikasi yang dilakukan organisasi terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia, sehingga
organisasi tersebut dapat menentukan langkah yang harus diambil guna mencapai
tujuannya. Selain itu, pentingnya diadakan perencanaan sumber daya manusia
(SDM) ialah organisasi akan memiliki gambaran yang jelas akan masa depan,
serta mampu mengantisipasi kekurangan kualitas tenaga kerja yang
diperlukan.
Dalam satu restaurant makanan cepat saji (KFC) dibutuhkan 18
orang pekerja termasuk staf-stafnya. Pada ke-18 pegawai termasuk staf-stafnya
dibagi menjadi 3 shiff untuk selalu melayani costumernya karena restaurant
cepat saji tersebut buka 24 jam setiap harinya, yaitu : pagi – sore, sore –
malam, malam – pagi. Adapun cara untuk menentukan kebutuhan perusahaan akan SDM
dimasa yang akan datang adalah dengan cara meramalkan berapa banyak jumlah
pekerja yang mungkin dibutuhkan dan memperkirakan jumlah pekerjanya.
3.3. Rekruitmen Dan Seleksi
A. Rekruitmen
Rekrutmen adalah
proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam
maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik
tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia.
Proses rekrutmen terbagi menjadi dua, yaitu
eksternal dan internal. Untuk rekrutmen eksternal yaitu rekrutmen yang berasal
dari orang luar bagi yang ingin mendaftar menjadi pegawainya yaitu dengan
mendaftarkan diri pada KFC pusat yang berada di Jakarta atau dengan mengirimkan
surat lamaran kerja dan data diri melalui kantor pos, dan untuk rekrutmen
internal yaitu berasal dari orang dalam atau pegawainya yang sudah bekerja
cukup lama dan berpengalaman jika ada posisi yang kosong diatasnya akan mengisi
posisi yang kosong diatasnya tetapi hal ini ditentukan dari jejak kerjanya dan
kantor pusat yang berwenang.
Tahapan-tahapan rekrutmen yang dilakukan KFC
adalah sebagai berikut.
1. - Screening
CV
Ini merupakan proses seleksi pertama, dimana pelamar mengirimkan
surat lamaran pekerjaan beserta CV kepada perusahaan yang dilamar. Perusahaan
menerima lamaran ini melalui pos, email rekrutmen perusahaan, job online
ataupun melalui referal karyawan sendiri.
2. -Proses
Interview
Proses ini bisa dilakukan diakhir atau pertama tergantung
prosedur yang di buat oleh HRD. Proses interview biasanya dilakukan
oleh HRD dan Owner. Adapun kompentensi yang di tanyakan seperti komunikasi,
leadership, problem solving atau area-area yang perkembangan lainnya, sedang
Owner/Staff Manager secara spesifik, fokus pada Technical Kompetensi seperti
kemampuan dalam etittude, dan tata bahasa.
3. -Pisikotes
Tes ini dilakukan setelah wawancara dan tes ini dilakukan hanya
mengetes kemampuan akademik calon karyawan itu sendiri. Dalam tes
ini pihak KFC memerlukan bantuan Konsultan. Namun penarikan untuk jabatan store
manager tidak langsung di tes namun melalui tahapan dan manager store di
perusahaan KFC adalah bagian-bagian yang paling bawah yang memiliki kateria dan
tenaga kerja yang baik selama 2-3 tahun, dan memiliki kualifikasi yang baik di
bidang store manager itu sendiri.
B. Seleksi
Seleksi adalah
usaha pertama yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh karyawan yang
kualifikasi dan kompeten yang akan menjabat serta mengerjakan semua pekerjaan
pada perusahaan. Dale Yoder (1981), seleksi adalah suatu proses ketika calon
karyawan dibagi dua bagian, yaitu yang akan diterima atau yang ditolak. Jadi
proses seleksi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan
untuk mendapat tenaga kerja yang berkualitas.
Proses seleksi SDM yang dilakukan pada
perusahaan restaurant cepat saji tersebut semua dilakukan dikantor pusat KFC
Indonesia yang berada di Jakarta dan nanti bagi karyawan yang diterima akan
ditempatkan didaerahnya masing-masing. Untuk setiap jabatan juga ada kriteria
tertentu, seperti untuk menempati jabatan Restaurant Manager minimal pendidikan
orang tersebut adalah sarjana, dan untuk Assistant Manager minimal pendidikan
orang tersebut SMA atau sederajat sampai sarjana, dan penampilan sampai tinggi
badan semua dinilai dalam proses seleksi perekrutan pegawai.
Proses seleksi yang dilakukan oleh KFC adalah secara spesifik
menyeleksi karyawan dengan cara menilai karyawannya dengan beberapa kriteria
sebagai berikut.
·
Kecakapan
·
Pengalaman
·
Usia : 16 tahun-22 tahun
·
Jenis kelamin : laki-laki dan perempuan
·
Pendidikan dan Pelatihan
·
Syarat-syarat Badaniah
·
Penampilan
·
Kecerdasan, Inisitif, dan Kejujuran
·
Bakat
·
Kestabilan Perasaan / Dewasa
·
Sikap Terhadap Pekerjaan
·
Kepribadian
3.4. Pelatihan dan Pengembangan SDM
Pelatihan adalah proses yang didesain untuk
meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis, ataupun meningkatkan kinerja
pegawai, sedangkan pengembangan adalah proses yang didesain untuk meingkatkan
kemampuan konseptual, kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memperluas
human relation.
Pelatihan dan Pengembangan diberikan pada masa training dan
orientasi agar pada saat bekerja pegawai baru tersebut sudah mengerti dan tidak
bingung apa yang harus dilakukan pada jabatannya. Orientasi di perusahaan
KFC dengan cara pertama mengikuti masa traning selama 3 bulan perkenalan
tentang sejarah KFC, dan mempelajari 5 buku pedoman yang harus di lewati untuk
menjabat kedudukan yang lebih tinggi, setelah melakukan traning selama 3 bulan
para karyawan baru membagi kelompok untuk menyelesaikan tugas dan untuk
ditempatkan dimana mereka akan bekerja. Sedangkan untuk orentasi jabatan
yang di analisis penulis, pimpinan yang melakukan perkenalan diri kepada
bawahanya dengan cara melakukan metting ataupun rapat.
3.5. Kompensasi
Kompensasi adalah
semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang
diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Kompensasi berbentuk uang, artinya gaji dibayar
dengan sejumlah uang kartal kepada karyawan yang bersangkutan.
a) Kompensasi
Finansial Langsung
Kompensasi yang diterima oleh pegawai sesuai
dengan UMR kota tempat beradanya outlet tersebut. Selain itu, ada bonus yang
diterima pegawai jika performa dan loyalitas nya tinggi terhadap perusahaan.
b) Tunjangan dan Imbalan Non-finansial
Setiap pegawai yang bekerja di KFC diberikan oleh perusahaan
tunjangan berupa BPJS. Contoh di umrohkan bagi para pekerja dengan
penilaian pegawai terbaik.
c) Keselamatan dan Kesehatan
Kerja
Faktor K3 pada setiap restaurant sudah dilengkapi, contohnya
seperti : alat pemadam kebakaran, papan untuk memberitahukan lantai licin,
lantai yang dibedakan warnanya agar costumer tau bagian lantai untuk berjalan
dan memesan juga bagian lantai untuk duduk dan menyantap makanan. Ada area khusus merokok juga.
BAB IV
ANALISIS KASUS
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
“Tingkatkan
Margin Usaha, KFC Rotasi Tenaga Kerja”
Galih Gumelar, CNN Indonesia
Rabu, 11/11/2015
Jakarta, CNN
Indonesia
Perusahaan pengelola restoran cepat saji,
PT Fast Food Indonesia Tbk tengah melakukan berbagai upaya efisiensi dalam
rangka menekan beban usaha yang diyakini berdampak
positif pada peningkatan rasio perolehan laba sebelum pajak,
pendapatan, sampai pada margin usaha perseroan sebelum pajak.
Upaya efisiensi dilakukan menyusul
turunnya margin usaha atas penjualan produk makanan cepat saji Kentucky
Fried Chicken (KFC) yang telah dirasakan sejak awal tahun ini.
"Makanya sejak saat ini kami lakukan banyak
efisiensi, terutama dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) karena tiap tahun upah
minimumnya bertambah. Tapi kami pastikan tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja
(PHK) terhadap pegawai-pegawai kami," ujar Direktur Keuangan Fast
Food Indonesia Justinus Juwono di Jakarta, kemarin.
Sebagai informasi, hingga kuartal III 2015
perusahaan telah membukukan laba usaha sebelum pajak sebesar Rp 88,4 miliar.
Angka ini menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 150
miliar.
Justinus mengungkapkan, anjloknya margin usaha
emiten berkode FAST itu tak lepas dari meningkatnya
besaran beban usaha, menyusul penurunan nilai tukar rupiah terhadap dollar
Amerika Serikat, serta tren peningkatan upah minimum karyawan yang berlangsung
dari waktu ke waktu.
Berangkat dari hal tersebut, manajemen berencana
melakukan optimasi terkait penggunaan tenaga kerja di tiap gerai.
Di mana optimasi tadi dilakukan dengan
mengurangi jumlah pegawai yang terdapat di satu gerai KFC dari 30 orang ke 24
orang, dan memindahkan karyawan tadi ke gerai-gerai baru.
"Kalau pegawai di satu outlet berkurang, maka
produktivitas meningkat. Dan pegawai kita jadi
terbiasa multitasking," tambahnya.
Seiring dengan langkah efisiensi yang terus
diupayakan, Fast Indonesia berencana membuka 40 gerai baru hingga
akhir 2015. Justinus mengakui, selain mampu meningkatkan angka pejualan
penambahan gerai juga dimaksudkan untuk mengoptimasi penggunaan
tenaga kerja.
Ini mengingat hingga kuartal III 2015, Fast
Food Indonesia telah memiliki pegawai sebanyak 16.765
orang yang 15.242 orang diantaranya ditempatkan di 514 gerai KFC
di seluruh Indonesia. Tak ayal, dengan kondisi tersebut manajemen harus
menggelontorkan beban gaji sebesar Rp 462,22 miliar atau
berkisar 28,33 persen dari total beban perusahaan yang mencapai Rp
1,63 triliun pada periode tersebut.
Meski juga mengalami tekanan
atas meningkatnya beban operasional rutin
dari penggunaan listrik, air bersih dan beban energi, Justinus
menegaskan bahwa pihaknya belum memiliki rencana untuk menaikkan harga
produk pada tahun depan sebagai upaya meningkatkan margin usaha ke level 5
persen.
"Masalah kenaikan harga jual produk masih
kami kaji lagi nanti demi mempertahankan diri di tengah persaingan usaha.
Karena sampai tahun ini pun kami belum melakukan perubahan harga jual
produk-produk kami. Ada pun strategy pricing yang kami lakukan lebih
di harga paket-paket ayam," imbuhnya.
Sebagai informasi, hingga kuartal III 2015
perusahaan baru membukukan laba usaha sebelum pajak sebesar Rp 88,4
miliar, anjlok 41 persen dibandingkan dengan laba pada periode yang
sama tahun lalu di angka Rp 150 miliar.
Sedangkan pada tahun depan perusahaan menargetkan pertumbuhan
penjualan sebesar Rp 4,94 triliun atau meningkat 8,09 persen dibanding proyeksi
penjualan hingga akhir tahun ini di ksiaran Rp 4,57 triliun.
Analisis Kasus :
Dari masalah tersebut PT Fast Food Indonesia Tbk
mengalami penurunan margin usaha atas penjualan produk makanan cepat saji
Kentucky Fried Chicken (KFC), anjloknya margin usaha emiten berkode FAST
itu tak lepas dari meningkatnya besaran beban usaha, menyusul
penurunan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, serta tren
peningkatan upah minimum karyawan yang berlangsung dari waktu ke waktu dan ini
merupakan masalah eksternal perusahaan. Pihak perusahaan banyak melakukan
efisiensi, terutama dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) karena tiap tahun upah
minimumnya bertambah. Dalam kasus ini yang dilakukan pihak manajemen perusahaan
sudah benar karena tidak melakukan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ),
pihak perusahaan justru merotasikan karyawannya menurut saya tindakan ini benar
karena dapat mengurangi rasa jenuh karyawan atas pekerjaanya, dengan mengurangi
jumlah pegawai yang terdapat di satu gerai KFC dan memindahkan karyawan
tadi ke gerai-gerai baru cara tersebut juga dapat membuat karyawan menjadi
multitasking sehingga produktivitasnya meningkat.
BAB V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
KFC adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands,
Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh
Col. Harland Sanders pada tahun 1952. Di outlet yang menjadi objek
penelitian kami, terdapat beberapa jabatan seperti Manager Restaurant, dua
assistant manager, dua shift cashier dan dua shift control. Sumber daya manusia
berjumlah 18 orang yang sudah termasuk staff – staff nya yang kemudian dibagi
menjadi tiga shift.
Terdapat dua jenis rekrutmen yang dibagi menjadi rekrutmen dari
pihak eksternal dan pihak internal, sedangkan proses seleksinya dilakukan
dikantor pusat KFC Indonesia yang berada di Jakarta.Untuk karyawan baru
diberikan masa orientasi selama 2 hari dan masa training selama 2 bulan. Dalam
masa itu, diberikan pula masa pelatihan dan pengembangan agar karyawan paham
dengan pekerjaannya.
Setiap bulan dilakukan penilaian kerja yang apabila performa
kerja bagus akan diberikan bonus oleh pihak KFC. Setiap karyawan juga telah
diberikan asuransi berupa BPJS dari pihak perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
halo semuanya di sini jika Anda mencari pinjaman dengan tingkat bunga rendah dengan pengembalian 2 tingkat per tahun maka penawaran pinjaman pedro akan bagus untuk pinjaman bisnis Anda dan beberapa jenis pinjaman lain yang ingin Anda ajukan selama Anda tahu bahwa Anda dapat melakukannya pengembalian yang baik kembali sesegera mungkin kemudian hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com
BalasHapus